“Pemkab Sampang Tegaskan Komitmen Perbaikan Layanan Kesehatan Secara Menyeluruh”

“Pemkab Sampang Tegaskan Komitmen Perbaikan Layanan Kesehatan Secara Menyeluruh”

Rabu, 04 Juni 2025, Juni 04, 2025

 



Sampang, Presnews.my.id - Menanggapi maraknya pemberitaan mengenai Program Universal Health Coverage (UHC) di RSU Ketapang pada Selasa malam (3/6), Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami keluarga pasien. Pernyataan resmi ini disampaikan pada Rabu (4/6/2025).


Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan dan KB Kabupaten Sampang, dr. Dwi Herlinda Lusi Harini, menyampaikan permintaan maaf secara terbuka melalui media.


“Kami telah memanggil pihak-pihak terkait, yaitu RSU Ketapang, RSUD dr. Moh. Zyn, dan BPJS. Dari hasil pertemuan tersebut, disepakati bahwa RSU Ketapang akan segera mengembalikan dana yang telah dibayarkan oleh keluarga pasien, Insya Allah besok,” ujarnya.


Lebih lanjut, dr. Dwi Herlinda Lusi Harini menjelaskan bahwa pihaknya telah menerima laporan mengenai keluhan administrasi yang dirasakan oleh pasien terkait pelayanan UHC di RSU Ketapang. Menurutnya, kejadian ini menjadi evaluasi penting bagi seluruh pihak agar ke depannya program UHC dapat berjalan sebagaimana mestinya.


“Masalah ini menjadi pelajaran bagi kami semua, termasuk pihak rumah sakit dan BPJS, untuk meningkatkan koordinasi dan pelayanan. Kami akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap sistem pelayanan kesehatan di Kabupaten Sampang agar ke depannya kejadian serupa tidak terulang,” tegasnya.


Ia juga menekankan komitmen pemerintah daerah untuk memastikan seluruh masyarakat Kabupaten Sampang mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang optimal tanpa hambatan administratif maupun teknis.


“Kami ingin memastikan bahwa seluruh masyarakat benar-benar mendapatkan manfaat dari program UHC. Kami tidak ingin ada lagi warga yang merasa dirugikan atau terbebani dalam mengakses layanan kesehatan,” tambahnya.


Selain itu, dr. Dwi Herlinda Lusi Harini juga mengapresiasi peran serta masyarakat dalam mengawasi layanan kesehatan di Kabupaten Sampang.


“Kami sangat berterima kasih atas perhatian dan masukan yang telah diberikan masyarakat. Ini menjadi momentum bagi kami untuk bekerja lebih keras dan melakukan perbaikan berkelanjutan dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan,” pungkasnya.(Wir) 

TerPopuler